Home » , » Cara Mencintai Fisik Apa Adanya..

Cara Mencintai Fisik Apa Adanya..

Posted by Catatan Ngocol on Friday 4 November 2016

Merasa fisik lo gak sempurna?

Tenang.. lo gak sendiri. Hampir sebagian besar orang gak puas dengan fisiknya. Terutama bagi para remaja, ABG yang butuh pengakuan, butuh dicintai dan haus akan pujian. Bahkan para model yang biasa kita liat dan kagumin di media pun ngerasa ada yang kurang dengan fisiknya.. Beneran !!

Yang lo musuhin pasti cermin kan? Apa aja yang terliat di bayangan cermin adalah seseorang yang "mengecewakan". Kegendutan, kekurusan, kependekan, ketinggian, jerawatan, jelek, item, keriting dan gak ada bagus-bagusnya. Lo diciptakan seolah untuk melengkapi keseimbangan alam, ada yang menawan dan ada yang jelek. Lo kebetulan kebagian jeleknya..(uh nasib)


Lo gak pernah minta dilahirin dengan kondisi fisik yang sekarang kan. Kalo bisa milih sih lo pengen terlahir menawan dengan bodi sempurna bak model di majalah. Tapi kenyataannya kan gak begitu. Akhirnya lo gak puas dengan fisik lo dan kalo bisa pengen ngerubah (itu sebabnya bedah plastik laris manis..beib), agar sesuai dengan ukuran fisik ideal menurut lo.

STOP ! Tarik nafas...lepaskan...
Kadang kita terlalu fokus pada gambaran fisik ideal yang kita inginkan sampe lupa kalo kita begitu mengagumkan. Berikut ini 5 tips gimana mencintai fisik lo apa adanya..

TIPS SATU

LIAT KE DALAM DIRI LO
  • Temukan hal-hal yang menginspirasi. Rata-rata model di Indonesia itu tingginya 165-170-180 cm bahkan ada yang lebih tinggi. Dan berat badan mereka ya..yang ideal, seimbang (psssst....bahkan cenderung kurus kek kurang makan). Artinya model itu jauh lebih tinggi dan jauh lebih ringan dibanding ukuran orang kebanyakan, kek lo, kek gue.. Jadi gak perlu jadikan mereka sebagai pembanding, bro and sisku sayang.... Karena dibolak balik kek martabak telor lo tetap gak akan berubah persis kek mereka. Kalo lo bisa berubah lo udah main film, sinetron, wajah menghias majalah dan gak baca artikel ini (smile..)
  • Sebaliknya tatap diri lo di cermin dan cari apa yang bikin lo gampang dan mudah diingat orang. Wajah gak perlu menawan tapi tampang ngangenin gitu lo. Karena ada sesuatu yang bikin orang selalu teringat sama lo, entah karena lo lucu, lo baik, lo suka nolong, lo suka nraktir, lo jago matematika, apa aja, di luar fisik ya..
  • Jangan menghukum diri lo hanya karena lo "gak sempurna". Carilah sesuatu yang jadi kekuatan lo secara individual. Keunikan lo... Gimana ngeboseninnya dunia ini kalo semua orang terlihat sama, kek model semua??? Sama tinggi, sama langsing, sama cantik/ganteng.. Kek liat manekin di toko kan? Dingin dan ngebosenin..asik buat pajangan aja.

TIPS DUA

JANGAN KORBANKAN KESEHATAN .
  • Hanya karena gak puas dengan kondisi fisik yang sekarang akhirnya ngambil langkah ekstrim. Utamanya buat remaja yang masih dalam masa pertumbuhan. Gimana lo memperlakukan tubuh lo sekarang bakal ngefek ke tubuh selama lo hidup. Apa mau kalo lo dewasa ato tua nanti tubuh lo bermasalah karena salah urus saat masih muda belia?
  • Tau gak lo bisa menghancurkan tubuh lo dengan diet yang berlebihan, ngangkat barbel yang beratnya naujubillah buat ngasilin otot segede talas, mengkonsumsi suplemen, steroid, obat-obatan gak jelas bahkan ngerokok ato ngedrugs biar bisa langsing semampai, biar bisa tinggi, biar bisa cantik/ganteng.
  • Tubuh lo masih dalam masa pertumbuhan, masih berkembang dan bentuk yang sekarang itu gak permanen. Terimalah kondisi fisik lo sebagaimana adanya. Mo pendek, mo tinggi, mo gembrot, mo kurus, mo jelek... Itulah yang dikasi Tuhan ke elo. Lo bakalan sehat jiwa dan raga kalo lo nerima diri lo apa adanya, nerima fisik lo sebagai bagian dari diri lo yang sebenarnya. Tuhan punya rencana buat diri lo dengan fisik yang seperti itu, percaya deh.. Gak mungkin lo diciptakan sedemikian rupa tapi gak ada guna? Gak ada yang sia-sia di dunia ini.
  • Katakanlah lo operasi biar hidung lo yang sedikit pesek jadi tajem. Itu kan nipu diri lo. Aslinya lo itu orang pesek yang ngerasa mancung (meski hasil permak dokter bedah plastik). Apa salahnya jadi pesek, yakinlah kalo pesek itu mancung yang tertunda eh..salah, pesek juga bisa menarik kalo kepribadian lo menarik...

TIPS TIGA

REALISTIS AJA..
  • Mungkin lo pengen punya bodi bahenol kek punya Beyonce ato Kim Kardashian, pengen punya perut six pack kek Christiano Ronaldo. Tapi kalo lo berusaha sekuat tenaga agar fisik lo sama dengan orang lain artinya lo udah kalah sebelum bertanding. Kok bisa? Lawan lo kuat-kuat beib... mereka itu artis dan orang terkenal..
  • Ada yang namanya gen yang emang lo bawa dari lahir sebagai warisan dari bokap nyokap lo dan bertanggung jawab pada bentuk fisik lo yang sekarang. Lo gak bisa ngelawan apa yang dibentuk alam secara alamiah. Bokap nyokap lo pendek semampai, tapi lo pengen tinggi kek model? (ngimpi beib!!).
  • Perhatiin manusia normal (yang bukan seleb), bahkan yang gak normal (cacat ato gila) di sekitar lo, gimana mereka nikmatin hidup, ketawa ketiwi, dengan segala kekurangan yang lo bisa liat pada fisiknya. Mereka unik dan keren seperti apa adanya mereka. 
  • Realistis aja bro and sis, lo gak beda dengan mereka, unik sebagai seorang individu. Gak perlu sok gaya kek artis, karena lo belum pernah membintangi sinetron/film apapun, gak pernah naik panggung buat konser dan gak pernah masuk majalah model. Realistis...liat kenyataan !

TIPS EMPAT

BICARA SAMA AHLINYA.
  • Kalo lo memang nemuin masalah sama fisik/tubuh lo (kegemukan, kekurusan, jerawat membandel, postur bungkuk dan sebagainya), gak perlu stres, bicara sama ahlinya. Ahli gizi, dokter ahli, pelatih fitnes/gim bahkan sampe psikolog, biar lo dapat saran yang aman dan disesuaikan dengan masalah lo. Mereka bakal ngebantu lo mencapai tujuan dengan langkah-langkah praktis dan aman (ini yang penting). Jangan sembarangan nyari bantuan ya, cari yang ahli. Yang gak diragukan lagi kapabilitasnya, pernah sekolah (kalo perlu ada ijazah dan gelar) dan udah mendedikasikan hidupnya di bidang ini selama hidupnya.
  • Kalo lo emang niat memperbaiki fisik lo, semisal nurunin berat badan, konsultasi sama dokter, ahli gizi dan dan sabar serta cemungud..semangat 45 pantang menyerah. Karena gak ada perubahan yang instan, semua butuh proses. Nikmati proses itu..

TIPS LIMA

JAUHI CERMIN.
  • Kalo niat lo bercermin hanya buat ngerendahin diri lo, menuh-menuhin pikiran dengan perasaan kecewa pada kondisi fisik lo, stop ! Karena hal itu bisa ngerubah lo menjadi monster yang terobsesi dengan fisik. Semakin lama lo akan menumpukkan rasa kecewa pada diri sendiri, gak bisa menerima diri lo apa adanya.
  • Jauhi cermin dan keluarlah. Buatlah sesuatu bagi diri dan orang lain. Bikin diri lo bermanfaat. Berprestasilah, bantu mereka yang membutuhkan, keluarkan potensi terbaik lo bukan buat bersaing secara fisik tapi buat bikin hidup lo berguna. 
  • Bergabunglah dengan klub / kelompok yang menarik minat lo, baik itu olahraga, kesenian ato budaya. Buat prestasi, buat diri lo bangga menjadi diri sendiri. Buat kegiatan yang melibatkan kualitas diri lo sebagai manusia.
Well.. rupa / fisik bukan segalanya. Rupa / fisik gak mendefinisikan siapa lo sebenarnya. Tapi apa yang lo lakuin agar diri lo bermanfaat. 

Kegendutan dan ngerasa gak menarik? baca artikel ini apa cewek gendut gak menarik di mata cowok? Lo cowok tapi pendek, baca artikel ini, apa bener cowok pendek gak menarik di mata cowok? Wajah lo pas-pasan jeleknya, baca artikel ini apa mungkin cowok jelek menarik di mata cewek cantik? Siapa bilang yang fisiknya sempurna dan berwajah menawan gak punya masalah, baca untung ruginya punya wajah menarik.

Semoga bermanfaat..

Salam...


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca
Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}