Home » , , » Kenapa Orang Suka Pamer?

Kenapa Orang Suka Pamer?

Posted by Catatan Ngocol on Wednesday 25 November 2015

Memang kenapa kalo pamer?

Hari ini saya baca berita tentang artis Syahrini yang mamerin jam tangan mahalnya di Instagram. Jam tangannya itu buatan Swiss yang merknya Richard Mille. Pada gak tau kan merk ini? Ketauan deh kere.. hehehe..

pamer
Syahrini dan tas mahalnya, taken from mysyahrini.com

Jam tangan ini dibikin oleh seorang Prancis yang namanya Richard Mille dan harganya 500 ribu dolar ato sekitar Rp. 5,8 Milyar buat tipe Bubba Watson RM 38 sebiji (buset.. mahal bener yak..). Ada lagi yang harganya bikin lo telen ludah (glek..) tipe Panda RM 026-1 yang harganya mencapai 1,5 juta dolar alias Rp. 18,5 M.. Ini nih penampakannya..


Syahrini di berita itu sewot karena dicurigain minjem jam tangan ini buat dipamerin.. Padahal katanya itu milik pribadi yang sesuatu banget..Alhamdulillah ya..

Syahrini dan jam tangan Richard Mille nya..

Kali ini kita gak bakalan ngomongin Syahrini ato jam tangan Mille yang harganya bisa bikin pingsan. Tapi kita bakalan ngebahas kok ada orang yang suka pamer ya? Memang kenapa kalo pamer? Masalah buat lo! Yang dipamerin barang sendiri kok? Begitu kira-kira pembelaan mereka yang emang karakternya suka pamer alias show room eh show off..!!

Alasan kenapa orang suka pamer.

1. Karena punya "sesuatu".
  • Ikut istilah Syahrini mereka punya barang yang "sesuatu banget". Entah itu barang mahal, barang langka, barang yang gak ada duanya, mereka ngerasa khalayak rame perlu tau kalo dia punya sesuatu itu. Kenapa? Biar dikagumin, biar bikin sirik, biar bikin orang lain ngiler dan pengen punya juga. Kenapa Syahrini mesti mamerin jam tangan mahalnya? Biar orang lain pada tau kalo dia punya jam tangan Richard Mille.
  • Mereka yang cantik dan bodi aduhai, mamerin cantiknya dan lekuk-lekk bodinya. Kalo gak cantik kan gak perlu dipamerin..

2. Pengen dipuji.
  • Kalo punya sesuatu yang "lebih" dari orang lain kenapa gak disimpan sendiri sih? Ntar orang lain gak tau kalo kita punya sesuatu itu? Kenapa cewek cantik suka pake make up tebel-tebel, kenapa suka pake jeans ketat, rok mini, celana pendek, bahkan pake thong/g string biar orang lain tau kalo dia "lebih" dari yang lain. Intinya sih pengen dipuji atas "kelebihannya" itu. Pujian dari orang bikin dia seneng dan bahagia. Bukankah pujian adalah kebutuhan dasar setiap orang?
  • Kenapa Syahrini mamerin jam tangan mahalnya, biar dia dipuji kalo tangannya yang putih mulus cocok banget dipadankan dengan jam tangan berdesain khusus itu.

3. Pengen diakui
  • Seseorang pengen diakui kalo dia "lebih" dari orang lain. Dia gak pengen jadi orang rata-rata yang gak menonjol dan gak dianggap. Kalo orang lain mengakui kelebihannya dia bakal merasa bangga, merasa sukses dan lebih percaya diri. 
  • Dia pengen hasil kerjanya dihargai dan diakui oleh orang lain. Gimana orang lain bisa ngehargai dan mengakui kalo kamu gak berani pamer? Hasil kerjamu akan terus jadi misteri.
  • Kenapa Syahrini mamerin jam tangan mahalnya? Supaya khalayak rame, terutama para follower dan fansnya tau kalo Syahrini tuh sanggup buat beli jam tangan mahal itu. Termasuk kalo dia mamerin dirinya dan koleksi tas-tas bermerknya. Itu sekalian pengakuan atas kesuksesannya.

4. Pengen caper
  • Sebagai mahluk sosial kita pengen diperhatiin oleh orang lain, karena dicuekin itu gak enak. Gimana caranya biar diperhatiin? Ya.. harus tampil ke depan, harus kasat mata. Apalagi bagi selebriti sekelas Syahrini, yang pengen terus eksis di kancah hiburan. Kalo suara sih dia gak diraguin lagi. Tapi mengingat tingkat persaingan di industri hiburan semakin ketat, Syahrini harus punya "sesuatu" yang bikin dia tetap diingat orang. Nah salah satu caranya adalah lewat pamer hal-hal yang "sesuatu banget di akun medsosnya. Itu salah satu upaya Syahrini agar selalu diingat masyarakat.
  • Ada juga yang caper karena memang dia kurang perhatian dari orang-orang yang disayanginya. Sebagai pelampiasannya dia harus pamer ke orang-orang biar dapetin perhatian yang diinginkannya.

5. Agar gak diremehin orang.
  • Ada lho orang yang rasa percaya dirinya sangat rendah, sehingga perlu mamerin miliknya (ato milik ortu) buat menaikkan ratingnya di depan orang lain. Dia ngerasa orang lain ngeremehin dia dan menganggap rendah dirinya. Dia ngerasa perlu kasi tau orang-orang kalo dirinya hebat. Percaya dirinya bukan timbul dari dalam tapi dari opini dan komentar orang-orang tentang dirinya.
  • Mereka ini orang-orang yang selalu merasa kurang. Dan untuk mencukupi rasa kurangnya itu dia harus mamerin sesuatu ke orang lain untuk membuatnya jadi "lebih".


Kalo ketemu mereka yang suka pamer? 

  • Biarin aja. Mungkin itu memang perlu buat mengangkat image mereka seperti yang banyak dilakukan para selebriti seperti Syahrini. 
  • Mungkin mereka haus pujian, pengakuan dan penghargaan, kasi saja wong gak mahal kok. Kasi komen yang bikin mereka senang. Nyenengin orang kan dapet pahala, syukur-syukur kalo kita dikasi hibah barang-barang miliknya (ngarep..). 
  • Gak perlu sirik ato komentar negatif tentang mereka, wong yang dipamerin barangnya sendiri, kok kita yang kebakaran jenggot? Kalo kamu gak suka orang yang suka pamer, jadiin diri kamu orang yang berkepribadian cool dan gak suka pamer. Jangan menuntut orang lain berlaku sama.
  • Buat apa sirik? Tiap-tiap orang punya kelebihan masing-masing. Kelebihan bukan buat dipamerin tapi buat dimanfaatin bagi kebaikan diri dan banyak orang. Orang yang paling sukses bukan yang punya banyak barang mahal tapi yang paling bermanfaat bagi diri dan orang lain.
  • Gampang kan?


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca
Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}