Home » » 8 Tips Gimana Ngadepin Si Tukang Kritik

8 Tips Gimana Ngadepin Si Tukang Kritik

Posted by Catatan Ngocol on Tuesday 15 September 2015

Hidup ini adalah belajar banyak keterampilan buat ngadepin macam-macam karakter manusia. Kenapa perlu belajar ngadepin mereka? Kalo lo gak tau gimana caranya ngadepin mereka, lo bakalan jadi korban dunia yang keras ini. Lo bakalan gak bisa maju, gak bisa move on dan selalu ada di bawah dengan posisi sebagai orang yang kalah.



Artikel sebelumnya udah banyak yang ngebahas tentang ini, seperti gimana ngadepin mereka yang suka jelek-jelekin kamu, trus ada juga yang ngebahas fakta-fakta tentang haters, ada artikel yang bercerita gimana harusnya reaksi lo kalo ada yang bilangin lo jelek, sampe artikel berupa tips gimana berurusan dengan orang yang kasar

Kali ini kita lebih fokus sama si tukang kritik, gimana sih cara ngadepin mereka?

Gak ada orang hidup yang kebal dari kritik. Kita semua saling menilai satu sama lain. Yang gak senang bakalan ngritik kamu habis-habisan. Kalo kritik ini makin meluas, selamat lo akhirnya punya fans club sendiri, kumpulan para haters, orang yang benci kamu. Isi kritik, cara mereka ngritik kamu itu bener-bener bikin sakit hati (baca : tips memberangus sakit hati)


Gimana cara ngadepin mereka yang nyebelin ini?

(1) Gak usah diambil hati.
  • Kritikan gak mendefinisikan diri lo yang sebenarnya. Kritikan yang terlontar dari bibir-bibir gak sopan  itu justru lebih ngedefinisiin si Tukang Kritik. Ngedefinisiin karakter mereka yang harus melontarkan kritik pada orang lain buat bikin hatinya senang. Kasian banget caranya bersenang-senang yang bikin orang lain menderita.
(2) Fokus pada isi kritikan
  • Apa yang jadi isi kritikan mereka itu yang perlu lo perhatiin. Bukan bagaimana cara mereka ngelontarin kritik itu. Gak ada asap kalo gak ada api. Siapa tau emang lo perlu introspeksi diri. Ada kelakuan lo yang bikin orang lain terganggu terus jadi gak senang sama lo. Lo cari deh !
(3) Terima sebagai masukan yang jujur
  • Lo harusnya seneng dong sama yang ngritik kamu. Karena dia ngungkapin fakta jujur dan apa adanya tentang diri lo, yang teman baik lo pun mungkin gak berani ngelakukannya. Umpatan yang nyakitin tapi jujur lebih baik daripada sejuta pujian yang palsu.
( 4) Kenali rasa tidak nyamanmu.
  • Otak lo udah pasti mendidih karena kebencian pada para pengkritik itu. Lo merasa ditelanjangi dan diperlakukan semena-mena. Kenali rasa ketidaknyamanan itu dan mikir gimana reaksinya. Jangan bertindak sama bodohnya dengan mereka. Membalas kritikan dengan kritikan yang lebih heboh, membalas makian dengan cercaan yang lebih buruk, membalas umpatan dengan kata-kata kasar tak beretika. Di sini lo malah nunjukin kalo lo gak lebih baik dari mereka. Itu memang tujuan si Pengkritik buat nunjukin sisi buruk lo yang sebenarnya.
(5) Jangan minta pendapat kalo lo gak siap menerimanya
  • Minta pendapat ke orang artinya lo siap buat menerima apapun yang mereka katakan. Bisa positif dan tidak menutup kemungkinan hal-hal negatif bakal meluncur dari bibirnya hanya buat ngedefenisikan siapa diri lo sebenarnya di depan si Pengkritik.
(6) Abaikan saja
  • Selama lo gak nerima kritikan yang mereka lontarkan, itu artinya kritikan bukan milik lo. Apalagi kalo isinya gak penting dan hanya gosip-gosip murahan yang beredar di luar sana. Memulai perdebatan justru bikin gosip makin meluas dan kamu makin terpuruk. Terlalu banyak hal penting di luar sana yang butuh perhatian lo ketimbang harus sibuk dengan tetek bengek gak penting para pengkritik.
(7) Baikin mereka
  • Tau gak kalo para pengkritik adalah orang yang butuh kasih sayang sesama. Mereka itu haus perhatian, haus pujaan dari orang-orang. Lo pikir kenapa mereka ngabisin waktunya yang berharga hanya buat ngritik orang? Karena dia tau dengan kritik lo bakal perhatiin dia. Jadi beri apa yang dia butuhin. Baikin dia. Gak usah balas kritikannya dengan kecaman yang lebih kejam. Mulailah berbuat baik pada mereka, buat mereka tercengang dengan kemurah hatian lo.
(8) Hindari mereka
  • Kalo poin 1 sampai 7 gagal, artinya nih orang emang gak bisa dirubah dan ditaklukkan dengan apapun. Lo harus ninggalin dan hindari mereka. Gak ada gunanya bertahan di lingkaran para pengkritik yang jadiin kebiasaan buruknya hobi yang bikin dia senang, serta  gak mau menerima masukan dan kebaikan dari orang lain.
Itulah 8 tips gimana ngadepin si tukang kritik yang suka gak mikir kalo tindakannya nyakitin hati orang. Mereka ini orang-orang egois yang suka memuja diri sendiri dengan ngerendahin orang lain. (baca juga : 13 tips gimana berdamai dengan kritik)


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}